Tumpukan Sampah Menyumbat Kali Cimande

110
Tumpukan Sampah di kali Cimande

Tumpukan sampah nampak mewarnai sungai Cimande Sumedang. Akibat tumpukan sampah tersebut, aliran Sungai menjadi tersendat. Warga sekitar pun turun membersihkan sampah. Warga berharap sungai dinormalisasi kembali

SUMEDANG | Kendati sudah berulang kali dibersihkan, tumpukan sampah yang terbawa arus sungai Cimande, akhirnya tersendat di jembatan yang ada di kali Cimande.
Tumpukan Sampah Menyumbat Kali Cimande 1
Tumpukan Sampah di kali Cimande
Berdasarkan pantauan Indeksnews.com Kam (13/2/2020), sampah yang ada di sungai terusan kali cimande yang terletak di dusun Pangsor Km 26. Semakin menumpuk yang terbawa air dari hulu sungai.
“walau sudah beberapa kali di bersihkan tetap saja menumpuk. Sudah berulang-ulang warga berusaha menaikan dan membersihkan tumpukan sampah yang mampet dan menghalangi lajunya air dikali cimande,” unngkap Warga sekitar kali.
Akibat tumpukan sampah tersebut, aliran sungai meluap dan sering terjadinya banjir.
Masyarakat Pangsor pun berupaya beberapakali mengurai dan menaikan tumpukan sampah yang berupa kayu, plastik, dll. Tetapi tetap saja belum maksimal.
Warga yang kebetulan rumahnya yang berdekatan dengan kali cimande menuturkan, “upaya warga dan pihak terkait berusaha bergotong royong untuk menaikan dan membersihkan tumpukan sampah tapi hasilnya belum maksimal tetap saja sampah menumpuk setiap kali hujan datang,”ungkapnya.
Menurunya, kurangnya kesadaran masyarakat yang ada dihulu dan sekitar bantaran sungai untuk tidak membuang sampah kesungai cimande masih saja ada, menjadi penyebab lain dari tumpukan sampah yang selalu menggununung.
“Padahal sosialisasi pernah dilakukan oleh pemerintah setempat untuk tidak membuang sampah kesungai,” katanya.
Warga yang berdekatan dengan bibir sungai menginginkan adanya pengerukan kembali sungai cimande walau dahulu sudah beberapa kali dilakukan pengerukan tapi hasilnya belum maksimal. “mungkin harus dilakukan pengerukan lagi supaya debit air tidak naik ketika hujan turun yang di akibat sampah mampet di jembatan,”katanya.***

Reporter : Yana Suryaman

BACA JUGA:  Sidak ke Tampomas, Wagub Dapati Penambang Pasir Hanya Berbekal Secarik Kertas
Loading...
loading...