Ratusan Pemdes di Sukabumi, Akan Terima Anggaran BKK 2020

369

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menggelontorkan APBD berupa Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada 152 Pemerintahan Desa (Pemdes) di Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI I Informasi yang dihimpun, di bulan Februari 2020 kucuran bantuan keuangan khusus masih proses dan belum bisa tersalurkan kepada penerima manfaat (Pemdes).

“Ya benar, ada sekitar seratus lebih Pemdes di kita akan menerima Bantuan Keuangan Khusus, tapi masih tahap proses dan belum masuk kepenyaluran kepada penerima manfaat,” ujar Thendy Hendrayana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

Loading...

Tendy menjelaskan, pada bantuan yang nantinya digulirkan itu, untuk skup penguatan status perkembangan desa berdasarkan indeks desa membangun (IDM) serta desa perbatasan.

“Kami berharap nantinya 152 desa penerima BKK ini dapat secara optimal dalam pengelolaan anggaran tersebut. Namun, tidak boleh dipergunakan diluar peruntukan, pemanfaatannya harus dioptimalkan untuk percepatan membangun kearah lebih maju lagi,” kata Tendy.

Lanjut Tendy, anggaran tersebut bisa diperuntukkan pada program pembangunan sektor ekonomi, lingkungan, peningkatan potensi keragaman produksi masyarakat, membentuk lembaga ekonomi perdagangan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi atau pencegahan bencana.

“Dari jumlah sedikitnya 152 desa penerima BKK, 39 desa dari 18 Kecamatan tercatat berada dalam status IDM tertinggal dengan kategori akselerasi bantuan senilai 100 juta. Untuk 82 desa di 32 kecamatan lainnya berstatus desa IDM meningkat kategori kinerja dengan jumlah bantuan yang sama diangka 100 juta rupiah,” tandas dia.

Reporter : Indra Sopyan*

BACA JUGA:  Fokus Pembangunan SDM dan Infrastruktur Tahun 2021
loading...