Ratusan RTLH Di Kota Sukabumi, Dapatkan Bantuan BSPS dan Banprov 2019

385

Sebanyak 260 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar 10 Kelurahan, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Dapatkan bantuan RTLH ini dari Kementerian PUPR dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Bantuan Gubernur melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Sukabumi di tahun 2019.

SUKABUMI I Dari jumlah tahun 2015 sebanyak 4200 ribuan unit RTLH tercatat di Kota Sukabumi, secara grafis hingga di akhir Desember 2018 mengalami penurunan di angka 2800 unit RTLH.

“Untuk memastikan jumlah RTLH di tahun 2019 ini, kami sekarang sedang melakukan pendatan ulang kembali, jadi kita bisa tau berapa sih sisi penurunan setelah ada pendataan ulang,”ujar Asep Yoni Ardiansah, Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman, Dinas PU Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (PRPMP2) Kota Sukabumi, ketika di sambangi diruang kerjanya, Rabu (31/07/19).

Loading...

Sebagai ketangan panjangan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pihaknya berkeinginan bisa memilah jumlah RTLH milik pribadi dan non pribadi. Agar kedepannya bisa dilakukan, bantuan untuk RTLH milik pribadi itu ada di program bantuan BSPS dan non pribadi bisa dibantu ke Rumah Susun Warga (Rusunawa).

“Pemetaan tersebut kami kira akan efesien, dengan tahapan frepikasi tim lapangan (BKM) dan selanjut ke tim kami. Permalahan di tengah masyarakat penerima manfaat bisa teratasi dan tepat sasaran,”jelasnya

Ditempat yang sama, Rilda Kardian Soedirman, Kepala seksi Permukiman PRPMP2, memaparkan dari 260 yunit RTLH yang mendapatkan bantuan tersebut, sebanyak 100 yunit dari Program bantuan BSPS dari Kementerian PURP dan 160 yunit RTLH dari program Bangub Jabar.

“Untuk BSPS 100 ada di dua Kelurahan, Karangtengah dan Karamat. Sedangkan program Bangub ada di 8 Kelurahan, jadi jumlah keseluruhan ada sebanyak 260 yunit, dengan anggaran bantuan sebesar Rp 17.500.000/yunit, kalo dijumlahkan keseluruhan anggaran yang di kucurkan ke BKM selanjutnya ke penerima manfaat sebesar Rp 4.550.000.000 miliar,”tandasnya.

BACA JUGA:  ESDM Provinsi Jabar, Pastikan Gurandil di Sukabumi Tak Miliki Izin
Loading...
loading...