Reboisasi Lahan Gundul, Polsek Nagreg gagas Tanam Pohon di Kaki Gunung Serewen Citaman

Libatkan Muspika, warga, LSM, OKP dan Ormas di Nagreg

336
Kapolsek Nagreg Kompol. H. Ade Junaedi, SH usai melaksanakan penanaman pohon di Kaki Gunung Serewen Desa Citaman Nagreg
Lokasi yang kini ditanami terlihat gundul, penyebabnya kebakaran hutan dan penebangan. Upaya tanam pohon serempak pun dilakukan oleh berbagai pihak. Polsek Nagreg bersama camat gagas tanam pohon di kaki gunung Serewen.
BANDUNG, Jabar.IndekNews| Sebagai bentuk kepedulian kecamatan Nagreg terhadap lingkungan, mengawali musim hujan Muspika Kecamatan Nagreg serempak menanam ribuan pohon.
Dalam penanaman pohon serempak yang digagas oleh muspika kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Jum’at 10/1/2020.
Reboisasi Lahan Gundul, Polsek Nagreg gagas Tanam Pohon di Kaki Gunung Serewen Citaman 1
Camat Nagreg Wawan Setiawan, S.Sos, bersama Kapolsek Nagreg Kompol H. Ade Junaedi, SH beserta siswa dan mahasiswa yang ikut dalam penanaman pohon di Kaki Gunung Serewen Desa Citaman, Nagreg.
Lokasi pelaksanaan penanaman pohon, berada di diwilayah kawasan kaki gunung serewen Desa Citaman Kecamatan Nagreg.
Kapolsek Nagreg, Kompol H. Ade Junaedi, SH mengatakan; penanaman pohon di Kaki Gunung Serewen merupakan langkah perbaikan lingkungan.
“Penanaman pohon ini sebagai reboisasi lahan gundul di kecamatan nagreg,” ungkap kapolsek.
Mengambil Kaki gunung Serewen sebagai lokasi penanaman pohon, lanjut Kapolsek, sebab lokasi ini terlihat gundul.
“Karena dulu ada penebangan pohon dan kebakaran hutan yang belum ada penanaman kembali,” ungkapnya.
Reboisasi Lahan Gundul, Polsek Nagreg gagas Tanam Pohon di Kaki Gunung Serewen Citaman 2
Kepala Desa Citaman Yayan Heryana saat memberikan sambutan dalam gerakan pananaman pohon di Kaki Gunung Serewen Citaman. Jumat (9/1/2020).
Tujuannya adalah untuk mencegah bencana-bencana yang terjadi khususnya di wilayah nagreg.
“Tujuan kita melaksanakan reboisasi adalah untuk mencegah bencana dan meninggalkan pohon untuk generasi masa depan,” imbuh Kompol Ade Junaedi.
Sebagai upaya menggapai tujuan tersebut, ia gagas penanaman serempak dengan melibatkan dan mengajak elemen masyarakat di Kecamatan Nagreg.
Reboisasi Lahan Gundul, Polsek Nagreg gagas Tanam Pohon di Kaki Gunung Serewen Citaman 3
Ormas, LSM, OKP dan masyarakat yang terlibay dalam penanaman pohon di Kaki Gunung Serewen Desa Citaman Nagreg.
Banyak yang terlibat dalam penanaman pohon ini diantaranya; warga masyarakat Nagreg, LSM, Ormas, OKP, PGRI, Mahasiswa KKN Unpad, serta anak – anak sekolah, PKK, LPM.
Camat Nagreg, H. Wawan Setiawan S.Sos, M.Ip mengutarakan, kebutuhan jumlah pohon di nagreg yang harus ditanam tidak terjumlahkan.
Akan tetapi upaya pemerintah dari berbagai dinas sudah berupaya. “Dari lingkungan hidup dengan program sabilulungan tanam pohon kesayangan (Satapok), di beberapa desa,” ungkapnya.
“Di kecamatan nagreg alhamdulillah masyarakat dan elemen masyarakat sudah banyak berbuat untuk menjaga lingkungan dengan penanaman pohon,” ungkapnya.
Menurutnya, Tepat sekali dilakukan kegiatan penanaman pohon ini mengingat Desa Citaman ini sebagai wilayah Penyangga aliran Sub DAS Citarik.
Reboisasi Lahan Gundul, Polsek Nagreg gagas Tanam Pohon di Kaki Gunung Serewen Citaman 4
Warga Masyarakat, Ormas, OKP, LSM yang terlibat dalam penanaman pohon di kaki gunung serewen Desa Citaman Nagreg Jumat (10/1/2020).
Menurutnya, Desa Citaman untuk penanaman pohon telah Menyiapkan 60 ribu bibit kayu dan buah buahan untuk kelanjutan Kegiatan ini, yang disemai dalam kawasan Kebun Bibit Desa (KBD) yang digagas oleh Muspika Kecamatan Nagreg, dan Kepala Desa Citaman,” paparnya
Sementara itu, Yayan Heryana Kepala Desa Citaman mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi kepada Muspika Kecamatan Nagreg yang telah menggagas kegiatan ini,” ungkapnya.
Ia berharap, kegiatan penanaman pohon di kawasan kaki gunung serewen ini bermanfaat. “kedepanya harus lebih banyak lagi menanam, agar menjadi banyak mangfaat bagi kita semua, terutama dapat menghijaukan kawasan gunung serewen,” harapnya.
Pentingnya menanam di lokasi ini, lanjut abah yayan sapan akrab kades Citamab. “Akan membuat menjadi kesuburan sumber mata air yang dapat dimangfaatkan oleh warga nagreg dan sekitarnya,” ujarnya.
Disamping itu, lanjut Yayan, “dengan penanaman pohon ini dapat menjadi penahan daya labil tanah gunung, sehingga dapat mengantisifasi akan terjadinya longsor dimusim penghujan,” pungkasnya.***
Penulis : Japar DAS | editor: Andi Rohendi.
BACA JUGA:  Modal Rayuan Cilok, HR Diduga Hendak Cabuli Anak Dibawah Umur
Loading...
loading...