Tunggu Surat Penetapan Tersangka, Kabid SMP Maman Sudrajat Belum Diberhentikan

KASUS DUGAAN PUNGUTAN LIAR DANA ALOKASI KHUSUS

564
Wawan A. Ridwan Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung. (foto: Notif.id)

Table of Contents

Status Kepegawaian Kepala Bidang SMP Maman Sudrajat yang tertangkap OTT atas dugaan pungli Dana Alokasi Khusus (DAK), masih menunggu surat resmi dari polda Jabar.
BANDUNG, Jabar.IndeksNews |
Surat resmi yang dimaksud adalah terkait penetapan tersangka oleh Polda Jabar terhadap Maman Sudrajat selaku Kepala Bidang SMP yang tertangkap OTT tim Saber Pungli Polda Jabar dengan dugaan pungutan liar.
Tunggu Surat Penetapan Tersangka, Kabid SMP Maman Sudrajat Belum Diberhentikan 1
Ilustrasi
Dikemukakan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung. Wawan A Ridwan dilansir Notif.Id senin (13/1/2020).
“Kami belum dapat surat resminya, masih menunggu,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung.
Akibat belum munculnya surat resmi penetapan tersangka tersebut, BKPSDM Kabupaten Bandung belum bisa bertindak apa-apa.
Maman Sudrajat akan diberhentikan sementara jika BKPSDM telah menerima surat resmi dari Polda Jabar.
Pemberhentian sementara jabatan Maman Sudrajat sebagai Kabid SMP Disdik Kabupaten Bandung, ujar Wawan, akan dilakukan hingga putusan pengadilan.
Dengan syarat adanya surat resmi penetapan status tersangka. Jika tidak terbukti bersalah, Maman Sudrajat bisa kembali menjadi PNS di Pemkab Bandung.
“Jadi kami tidak mau berandai-andai. Kalau yang bersangkutan tidak bersalah saat putusan pengadilan, kami bisa mudah mengembalikan status PNS-nya, ketimbang langsung dipecat,” kata dia dilansir notif.id.
Sementara untuk mengisi kekosongan jabatan Kabid SMP Disdik Kabupaten Bandung, diisi oleh pejabat internal di Disdik itu sendiri.
“Kalau setingkat kepala bidang bisa dilakukan langsung oleh internal. Bisa dari atas (pejabat diatas kepala bidang) maupun dari samping (pejabat yang statusnya sejajar),” katanya.
Saat ini, bagian hukum Pemkab Bandung masih terus berkoordinasi dengan Polda Jabar terkait penangkapan Maman Sudrajat.
Bentuk koordinasi tersebut, kata Waqan, bukanlah bentuk dukungan atau bantuan hukum, melainkan koordinasi mengenai surat resmi penetapan tersangka.
“Kalau ada surat resminya yang bersangkutan bisa kami berhentikan sementara,” kata dia.

BACA :

BACA JUGA:  Bocah berusia 5 Tahun Ditemukan Tewas dalam Toren Air
Diberitakan sebelumnya, Maman Sudrajat Kabid SMP Disdik Kabupaten Bandung, terciduk Satgas Saber Pungli Jabar saat melakukan dugaan pungutan liar kepada sekolah penerima DAK, di salah satu sekolah Pameungpeuk pada Jumat (3/1/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.
OTT Tim Sargas Saber Pungli juga mengamankan 7 orang kepala sekolah yang tengah menyetorkan uang kepada Maman.
Setiap kepala sekolah menyetor uang senilai Rp 7,5 juta. Tim juga menemukan uang senilai Rp 52 juta di dalam plastik berwarna hitam yang dicampur dengan sejumlah makanan ringan.****

Penulis/editor: Andi Rohendi

Loading...
loading...