Kapolsek Cikancung Tanam Pohon di Cikancung Hilir

386
Kapolsek Cikancung dalam Penanaman Pohon di Wilayah Hukum Polsek Cikancung, Rabu (15/1/2020).
Polri gagas penanaman pohon nasional antisipasi bencana alam Kapolsek Cikancung Akp. Saripudin bersama Personil Polsek Cikancung Polresta Bandung dan Perwakilan Perusahaan PT. Gunung Pada Kasih Kp. Cikancung Hilir Melaksanakan Penanaman Pohon.
Cikancung, IndeksNews.com | Kapolresta Bandung Melalui Para Kapolsek Jajaran Polresta Bandung menggagas program Polri Peduli Lingkungan sebagai upaya mencegah kembali terjadi bencana banjir dan longsor, upaya penanaman pohon dilakukan hari Rabu (15/01/2020 ).
Pasalnya salah satu penyebab bencana banjir dan longsor karena hutan gundul dan lahan tidur yang tidak produktif.
“Sebab itulah, Kapolresta Bandung di awal 2020 secara serentak memerintahkan Kepada Para Kapoksek Jajaran Polresta Bandung untuk melaksanakan Penanaman Pohon dalam rangka memformulakan program Polri Peduli Lingkungan,” ujarnya.
Kapolsek Cikancung Tanam Pohon di Cikancung Hilir 1
Kapolsek Cikancung Akp. Saripudin bersama Personil Polsek Cikancung Polresta Bandung dan Perwakilan Perusahaan PT. Gunung Pada Kasih Kp. Cikancung Hilir Melaksanakan Penanaman Pohon, Rabu (15/1/2020).
Hal itu sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor, kata Kapolsek Cikancung.
Kapolsek, mengatakan, Polri bersama instansi terkait akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi, mengingat musim hujan akan terjadi hingga Februari 2020 mendatang.
Ia menjelaskan program Polri Peduli Lingkungan adalah gerakan menanam pohon oleh anggota Polri secara nasional, dimulai dari tingkat polsek hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif milik Polri, pemerintah maupun warga lainnya.
“Termasuk di daerah Kawasan Gunung Pada Kasih Kp. Cikancung Hilir Desa Cikancung yang notabene dikawasan tersebut telah dilaksanakan Kegiatan Penambangan batu andesit” Kata Kapolsek
Pohon yang nantinya ditanam dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang, karena mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar dan memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya adapun pohon yang ditanam dikawasan tersebut sebanyak 100 pohon.
“Untuk itu, semua pimpinan kewilayahan Polri perlu membangun sinergi dengan TNI, pemda, LSM, dan perusahaan swasta. Setidaknya corporate social responsibility (CSR) perusahaan tersebut dapat diarahkan untuk mendukung pemulihan lingkungan hidup,” ujarnya pula.
“Diinisiasi oleh Polri, harapannya instansi pemerintah lainnya, juga pemda, perusahaan swasta, dan masyarakat bisa tergerak untuk melakukan pemulihan lingkungan di sekitarnya dengan budaya menanam pohon,” kata Kapolsek.***
BACA JUGA:  Ridwan Kamil Pastikan Jabar Kondusif Jelang Natal dan Tahun Baru
loading...