Weekand Day, Polsek Cikancung giat Tanam Pohon dan Patroli Objek Vital

169
Inilah Giat Polsek Cikancung di weekand day, mulai dari penanaman pohon di pagi sampai siang hari, sampai giat Patroli Gabungan untuk mengamankan kantibmas di Malam Minggu. Berikut laporannya.
Cikancung, jabar.indeksnews.com | Patroli gabungan yang terdiri dari Polsek Majalaya, Polsek Cikancung, bersama anggota Koramil, Anggota Satpol PP Kec. Cikancung dan Anggota Linmas untuk menciptakan Sinergitas Jaga Kamtibmas antisipasi Rawan Malam Minggu, Sabtu (18/1/2020).
Weekand Day, Polsek Cikancung giat Tanam Pohon dan Patroli Objek Vital 1
Patroli gabungan polsek Cikancung amankan objek Vital Rawan tindakan kriminal. Sabtu (18/1/2020)
Guna terus menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat di Kecamatan Cikancung Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan,S.I.K Melalui Kapolsek Cikancung Akp. Saripudin, menekankan kepada personilnya untuk laksanakan patroli stiap malam minggu.
Tujuan patroli di weekand day  yang dilaksanakan gabungan untuk mencegah terjadinya tindak Pidana dan Menjaga Keamanan dilingkungan Kec. Cikancung Kab. Bandung.
Anggota Polsek yang sedang melaksanakan Piket bergabung dengan anggota koramil Cicalengka, anggota Satpol PP Kecamatan Cikancung menggelar Patroli gabungan untuk menciptakan keamanan wilayah Kec. Cikancung.
Sebelum dilaksanakannya patroli gabungan, diawali dengan apel kesiapan patroli yang dipimpin oleh Kapolsek Cikancung Akp. Saripudin.
Jumlah personil Gabungan melibatkan sebanyak 21 orang personil, diantaranya 13 Personil Polsek Cikancung, 2 Personil Anggota Koramil, 3 Personil Anggota Sat Pol PP Kec. Cikancung, 3 Anggota Linmas Kec. Cikancung.
Setelah pelaksanaan Apel dilanjutkan dengan dilaksanakannya Patroli gabungan ketempat-tempat obyek vital dan tempat yang di anggap rawan dengan gangguan kamtibmas, yang berafa ditiap-tiap Desa diwilayah hukum Polsek Cikancung Kec. Cikancung Kab. Bandung.
“Patroli bersama ini sebagai bentuk soliditas dan sinergitas TNI, Polri dan Satpol PP Kec. Cikancung terjalinnya (3 Pilar) dalam upaya menjaga stabilitas kamtibmas,” Ujar Kapolsek Cikancung”pungkas Kapolsek.
Weekand Day, Polsek Cikancung giat Tanam Pohon dan Patroli Objek Vital 2
Polsek Cikancung melaksanakan giat penanaman pohon bersama warga dan perusahaan galian C di Cikancung, Sabtu (18/1/2020)
Pada hari yang sama, siang hari Kapolsek Cikancung Akp. Saripudin Melalui Ps. Kanit Binmas Aiptu Mangsur bersama Personil Polsek Cikancung Polresta Bandung dan Perwakilan Perusahaan Galian C Kp.pangadungan Rt 11/08 Desa Srirahayu Melaksanakan Penanaman Pohon.
Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan,S.I.K Melalui Para Kapolsek Cikancung Akp. Saripudin, Polresta Bandung menggagas program Polri Peduli Lingkungan sebagai upaya mencegah kembali terjadi bencana banjir dan longsor, Sabtu (18/01/2020 ) siang.
Pasalnya salah satu penyebab bencana banjir dan longsor karena Lahan yang dijadikan tempat Penggalian C sudah tidak adanya pohon untuk menahan dan menyerap air dikala hujan turun serta menjadi lahan tidur yang tidak produktif.
“Sebab itulah, Kapolresta Bandung di awal 2020 secara serentak memerintahkan Kepada Para Kapoksek Jajaran Polresta Bandung untuk melaksanakan Penanaman Pohon dalam rangka memformulakan program Polri Peduli Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia.
Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor,” kata Ps. Kanit Binmas Aiptu Mangsur.
Kapolsek, mengatakan, Polri bersama instansi terkait diantaranya dengan Komunitas Saber ( Sabiluluungan Bersih ) Desa Cikasungka dan Desa Mandalasari serta warga masyarakat akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana longsor mengingat musim hujan masih berkepanjangan.
Ia menjelaskan program Polri Peduli Lingkungan adalah gerakan menanam pohon oleh anggota Polri dari lingkungan kantor, hingga di lahan-lahan tidak produktif milik pemerintah maupun warga lainnya.
“Termasuk di daerah Kawasan Galian C Kp. Pangadungan Rt 11/08 Desa Srirahayu yang notabene dikawasan tersebut telah dilaksanakan Kegiatan Penambangan tanah” Kata Kapolsek.
Weekand Day, Polsek Cikancung giat Tanam Pohon dan Patroli Objek Vital 3
Pohon yang ditanam dilokasi tersebut berjenis pohon Alba dan Jenis Pohon lainnya dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang, karena mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar adapun Jumlah Pohon yang ditanam dilokasi tersebut sebanyak 1500 pohon.
“Untuk itu, semua pimpinan kewilayahan Polri perlu membangun sinergi dengan TNI, pemda, LSM, dan perusahaan swasta. Setidaknya corporate social responsibility (CSR) perusahaan tersebut dapat diarahkan untuk mendukung pemulihan lingkungan hidup,” ujarnya pula.
“Diinisiasi oleh Polri, harapannya instansi pemerintah lainnya, juga pemda, perusahaan swasta, dan masyarakat bisa tergerak untuk melakukan pemulihan lingkungan di sekitarnya dengan budaya menanam pohon,” kata Kapolsek.
Penulis: Andi Rohendi
BACA JUGA:  Sekretaris KPUD Pangandaran Terancam 20 Tahun Penjara
Loading...
loading...