Ditengah Pencegahan Covid-19, Penjualan Ikan Segar Menurun Drastis

143

Sejumlah nelayan dan pedagang ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dermaga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami penurunan dsrastis dari pendapatan penjualan.

SUKABUMI I Informasi yang dihimpun, kondisi penurunan dirasakan kurang lebih dua pekan terakhir. Salahsatu paktor ialah dengan tersiar berita di semua media, tekait saat ini Pemerintah sedang menghadapi Wabah Virus Corona atau Covid-19.

“Setelah adanya virus Covid-19 konsumen yang datang langsung ke Dermaga untuk membeli ikan menurun. Apalagi, kabarnya Corona ini harus diwaspadai karena mematikan, tapi mau bagaimana lagi saya mah tetap saja harus usaha jual ikan, untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Maman (50) penjual ikan asal Kecamatan Cikakak, saat ditemui di TPI Palabuanratu, Rabu (25/03/20).

Loading...

Maman mengakui, mau bagaimanapun Pemerintah Daerah (Pemda) sedang gencar melakukan sosialisasi maupun himbauan kepada masyarakat. Untuk menghindari sementara aktivitas yang berhubungan orang banyak, untuk pencegahan dan memperhatikan hidup sehat.

“Saya hanya bisa pasrah, tapi aktivitas jualan sedikit dipersingkat, biasa dari siang sampai malam, sekarang sebelum jam 04:00 sore udah pulang. Saya berharap, Pemda segera mengatasi virus Covid-19 ini, dan segera selesai,” harap dia.

Ditengah Pencegahan Covid-19, Penjualan Ikan Segar Menurun Drastis 1

Hal senada dirasakan Nana (48) penjual ikan yang biasa nyenteng untuk dijajakan di depan Dermaga, sejumlah konsumen ikan segar sangat wajar bila akhir-akhir ini merasa resah dengan suasana Virus Corona. Pengunjung ke Palabuanratu sangat sepi dan hampir terlihat lenglang.

“Penjualan ikan segar khususnya di Palabuhanratu mengalami penurunan hingga mencapai 50 persenan. Padahal sebelum ada kabar virus Corona penjualan ikan relatif stabil,” aku Nana.

Nana menilai, para konsumen (pembeli) ikan dari lokal maupun wisatawan, disela berkunjung objek wisata Pantai Selatan Palabuhanratu, itu pasti selalu mencari ikan segar, tapi akibat Corona, pekan kepekan menurun tajam.

BACA JUGA:  Bupati Ciamis Lantik Pejabat Eselon III Dan IV (Jilid II)

“Penurunan penjualan ikan segar tidak hanya dialami para pedagang di Dermaga Palabuhanratu saja, namun sejumlah pedang ikan lainnya di Dermaga Cikahurupan Cisolok, Ujunggenteng dan Tamanjaya Ciemas. Pedagang kecil seperti kami berharap kondisi Wabah Virus Colid-19 bisa diantisipasi Pemerintah dan usai,” kata dia.

Asep (59) warga masyarakat nelayan mengatakan, diri sendikit mengurangi jam untuk mengambil ikan ke lepas laut. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Tetap program pemerintah dalam pencegahan virus Covid-19 ini harus didukung semua pihak.

“Saya sudah dua hari memilih tidak melaut, setelah adanya himbauan yang di infokan tentang pencegahan bahaya virus Corona. Saya ajak warga sekitar untuk membersihkan sekitar rumah dengan gotong-royong, dan memperbaiki jaring ikan yang rusak,” kata dia.

Reporter : Indra Sopyan**

loading...