Dugaan Adanya SPK Bodong, Kadis PKPP Kabupaten Cianjur Terkesan Alergi Terhadap Wartawan

591

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) Kab. Cianjur Ahmad Rifa’i S.Sos, M.Si, terkesan alergi terhadap wartawan. Bahkan selalu menghindar dari awak media yang hendak meminta konfirmasi terkait adanya dugaan SPK bodong mengatasnamakan dinas tersebut. 

Cianjur | Surat Perintah Kerja (SPK) untuk kegiatan pembanguan sarana sanitasi (Paket Drainase), dengan sumber angaran dibebankan atas DPA Dinas Perumahan Permukiman dan Pertahanan (Disperkimtan) Kabupaten Cianjur, Diduga kuat kegiatan tersebut fiktif alias bodong.

Photo : Oknum ASN Pemkab Cianjur Pembuat SPK Fiktif
Foto : Oknum ASN Pemkab Cianjur Pembuat SPK bodong

Hal itu, terungkap ketika pihak pelaksana (CV) hendak mencairkan anggaran kegiatan pembangunan sarana sanitasi (Paket Drainase) yang sudah selasai dilaksanakannya. Anehnya anggaran tersebut hingga saat ini tidak dapat dicairkan, dikarenakan kegiatan tersebut hanya proyek tipu-tipu alias akal-akalan oknum ASN Pemkab Cianjur bernama Iden Aringga.

Loading...

Diketahui dalam Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif /bodong yang dibuatnya dengan mengatasnamakan kegiatan pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), Iden Aringga bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) hanya akal-akalan untuk meyakinkan korbannya.

Dalam melancarkan aksinya , Iden dibantu rekannya dengan inisial “A” yang mengaku sebagai konsultan dan bertugas mencari pihak pelaksana untuk dijadikan sebagai korbannya. Alhasil beberapa orang pelaksana (CV) dapat diperdaya diperdaya denagan iming-iming SPK kegiatan fiktif alias bodong.

Berdasarkan keterangan sumber di lingkup Pemkab Cianjur, dan Disperkimtan Kabupaten Cianjur saat dimintai keterangan mengatakan , ” Bahwa pelaku (Iden) pernah bertugas di DPKPP, namun saat ini telah di pindah tugaskan ke salah satu Kecamatan sebagai Kasi Trantib akibat kasus yang sama yang dilakukannya beberapa waktu lalu.

” Memang benar dulu pak Iden pernah bertugas disini, namun sekarang sudah dipindah tugaskan, ” ujarnya sambil memohon agar namanya tidak dipublis.

BACA JUGA:  Mantan Kades Pemalsu Surat Tanah, Digugat Perdata Oleh PT Zhong Min

Ketika hal ini hendak dikonfirmasikan kepada Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cianjur Ahmad Rifa’i Azhari, S.Sos, M.Si, namun selalu tidak ada dikantornya. Terkesan menghindar dan alergi terhadap awak media.

Pasalnya, Ketika beberapa kali hendak melakukan konfirmasi kepada Kadis DPKPP, namun menurut keterangan ASN di Dinas tersebut dengan beragam keterangan,seolah-olah memang sudah di instruksikan seperti itu.Jum’at (10/01/20)

” Maaf pak,  Beliau belum datang, sedang tidak ada diruangan, sedang tugas luar dan melakukan monitoring ke lapangan,” imbuhnya.

Pernah di pergoki ketika hendak melaksanakan apel pagi akan dimulai pukul 7.30 ,dengan peralatan Speaker, mix sudah terpasang di depan pintu masuk kantor, namun apel pagi tersebut tidak jadi dilaksanakan. Bahkan Kadis Perkimtan tidak tampak keluar ruangan (sembunyi-red), dan selanjutnya alat-alat untuk kebutuhan apel pun dibereskan kembali oleh stafnya disebabkan kedatangan awak media. Padahal diketahui saat itu mobil dinas Kadis terlihat parkir di halaman kantor.

Sementara itu, menurut keterangan Kabid PKP ” Bahwa amanat informasi dari rekan-rekan media terkait permasalan SPK fiktif yang diterbitkan oleh Sdr. Iden sudah disampaikan kepada Kepala Dinas. Namun menurut keterangan Beliau, ” Bahwa sdr Iden bukan pegawai Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP)dan tidak tahu-menahu terkait SPK fiktif tersebut.

” Bahwa sdr Iden Aringga Bukan pegawai ASN di Disperkimtan, dan tidak mengetahui terkait SPK bodong tersebut, katanya,” ujar Ega mengutip jawaban Kepala Dinas.

Ironis, jawaban Kadis yang disampaikan lewat Kabid PKP sangat kontradiktif dengan sejumlah sumber di lingkup pemkab Cianjur, dan Disperkimtan yang memenarkan bahwa Sdr. Iden Aringga pernah bertugas di Dinas tersebut.

Reporter : Tim Redaksi

BACA JUGA:  Binmas Polsek Cicalengka Bina Santri Ponpes Al Falah 
Loading...
loading...