Harun Alrasid; Sukabumi 1 orang Positif Versi Swab 6 Orang Versi Rapid Test

Harun Alrasid mengutarakan dari 2139 warga Kabupaten Sukabumi yang menjalani Rapid test 6 diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19, sementara 280 orang lainnya masih dalam pemeriksaan.

190
Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi kembali mengkonfirmasi satu orang dinyatakan positif virus corona, saat ini di Kabupaten Sukabumi tercatat 2 orang Positif Covid-19.

Harun Alrasid, Juru bicara penanganan covid 19 Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasid mengutarakan, Jumlah positif Covid 19 berdasarkan Swab 1 orang dan Rapid Test 6 orang.

“Yang masuk dalam kategori Pasien yang terkonfirmasi positif dari hasil TCR yang di ambil pemeriksaan laboratorium (SWAB), atau usapan nasoparing dan aroparing bertambah menjadi 2 orang,” kata Harun Alrasyid, kepada awak media, Senin (06/03/2020).

Harun Alrasid tidak menjelaskan secara rinci usia hingga jenis kelamin dan berasal darimana pasien tersebut.

Loading...

Namun kata dia, saat ini pasien masih dalam pengawasan pihak pukesmas, lantaran pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terpapar dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berada di Kabupaten Sukabumi.

“Kemudian yang positif swab dalam pengawasan pukesmas karena pasien tersebut, terpapar virus nya dari Orang Tanpa Gejala,” kata Harun.

Harun Alrasid; Sukabumi 1 orang Positif Versi Swab 6 Orang Versi Rapid Test 1

Kabar baiknya, lanjut Harun, 1 dari 2 orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, sudah menunjukan kondisi membaik. Sehingga, pasien bisa segera di pulangkan.

“Dari 2 orang ini, yang satu sudah dalam perawatan, dan kemungkinan besar, yang kemarin terkonfirmasi positif sudah bisa dipulangkan,” imbuhnya.

Sementara Harun menjelaskan data perkembangan warga sukabumi yang terpapar Covid-19.

Menurutnya dari 2139 warga Kabupaten Sukabumi yang menjalani Rapid test 6 diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19, sementara 280 orang lainnya masih dalam pemeriksaan.

“ini menggambarkan bahwa Rapid Test ini akan sangat menentukan dalam scrining awal dari penyebaran covid-19. Sehingga, akan mempermudah kita mengambil tindakan dan melakukan pemantauan dan pengawasan dari OTG dan ODP,” ujar dia.

Harun Alrasid; Sukabumi 1 orang Positif Versi Swab 6 Orang Versi Rapid Test 2

Harun menegaskan, saat ini rata – rata orang yang terpapar virus Covid-19 tersebut dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sudah melakukan perjalanan dari Kota terjangkit atau Zona merah. Sementara di Kabupaten Sukabumi saat ini tercatat 8791 OTG.

Untuk itu, pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan Rapid Test di 58 Pukesmas yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.

“Ternyata hasil yang kita dapat dari rapid test, bahwa yang positif itu dari Orang Tanpa Gejala (OTG), yang sudah melakukan perjalanan dari luar kota atau zona merah. berarti pendatang karena rata raya positif datang dari Jakarta bekasi dan bogor,” tandasnya.

Reporter : Riki**

loading...