Heri Gunawan Ajak Masyarakat Sukabumi, Jaga Empat Pilar Kebangsaan di Tengah Pilkada Serentak 2020

120
Heri Gunawan
Foto Dokumentasi RAI Heri Gunawan.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com -Anggota DPR-RI Fraksi Partai Gerindra Heri Gunawan kembali sosialisasikan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di salah satu Hotel ternama di Palabuanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (17/11/20).

“Alhamdulillah pada hari ini kami bisa berkumpul dalam rangkaian sosialisasikan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Adapun tujuan sosialisasi ini selain bertujuan membumikan empat pilar berbangsa dan bernegara, juga sebagai jati diri bangsa kepada warga Sukabumi untuk mengingatkan betapa pentingnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak sebagai ajang pendewasaan,” ujar Politisi asal Sukabumi Heri Gunawan, kepada awak media.

Lanjut Heri Gunawan, MPR-RI adalah lembaga legislatif yang merupakan salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang berperan penting untuk keberlangsungan bangsa dan negara.

Pasalnya, Heri Gunawan mengatakan setiap 16 Agustus, secara rutin dilaksanakan Sidang Tahunan MPR-RI bersama DPR-RI dan DPD-RI serta Rapat Paripurna DPR-RI. Sidang tersebut diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi lembaga-lembaga negara untuk menyampaikan laporan kinerja kepada masyarakat luas.

“Kita sebentar lagi akan menghadapi Pilkada serentak 09 Desember 2020, dimana pengaruh Pilkada sangat besar dalam kehidupan masyarakat. Apalagi pagelaran Pilkada saat ini bertepatan dengan bencana wabah Covid-19 yang masih menerpa secara nasional dan internasional,” kata Hergun sapaan akrab politisi besutan Prabowo Subianto ini.

Heri Gunawan
Foto Dokumentasi : Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Kenegaraan, Anggota MPR-RI Heri Gunawan di Hotel ternama di Palabuanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/11/20).

Tak hanya itu, Pilkada merupakan perwujudan dari sila 4 Pancasila yang merupakan bentuk perwujudan kedaulatan rakyat. Dengan adanya hajatan politik lima tahunan itu, kedaulatan rakyat bisa terjaga dan terbangun dengan kokoh.

“Dalam melaksanakan kedaulatan rakyat lewat pesta demokrasi, tidak boleh dilandasi dendam dan kebencian. Apalagi sampai menyebar kebencian, pasalnya hal tersebut bukan watak bangsa Indonesia. Sebaiknya kita ciptakan Semangat Baru untuk Sukabumi Unggul dan Aman,” papar Hergun.

Dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat, Hergun menegaskan, tidak boleh surut meski perlu menyesuaikan dengan keadaan. Itulah hakikat dari Empat Pilar Bangsa (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) yang tujuannya untuk keberlangsungan bangsa Indonesia.

Apapun bentuknya, Lanjut Hergun kedaulatan rakyat tidak boleh dikesampingkan, karena gagasan besar dari kedaulatan rakyat adalah menyelamatkan rakyat. Apalagi 9 Desember 2020, Ratusan Kabupaten/Kota dan puluhan Provinsi akan menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak, termasuk Kabupaten Sukabumi.

“Kami berharap tahapa Pilkada Sukabumi yang akan digelar sebentar lagi, akan mampu melahirkan figur Pemimpin atau Kepala Daerah yang mampu mengembangkan nilai-nilai Pancasila dan membawa Sukabumi Unggul Lahir Batin, tentunya proses Pilkada berjalan dengan aman dan sukses,” harap Hergun.

Dari sosialisasi empat pilar bangsa dan bernegara Pancasila, UUD, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika inilah, panduan bukti bagi rakyat Indonesia untuk mendapatkan kedewasaan dan kebijakan tersebut.

“Harus dipahami arti empat pilar dan bernegara Pancasila, UUD, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, secara benar dan diikuti dengan implementasi-nya di kehidupan sehari-hari. Kami meyakini, nilai-nilai Empat Pilar akan mampu tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya setelah berakhirnya Pilkada,” jelas Hergun.

Untuk itu, Hergun mengajak dan menghimbau kepada masyarakat khususnya kepada para pasangan calon (Paslon) yang maju di perhelatan Pilkada Sukabumi, bisa memilih pemahaman dan implementasi Empat Pilar kebangsaan dan kenegaraan.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kami mengajak kepada para Paslon yang maju di Pilkada Sukabumi, untuk bisa membuktikan bisa memberikan kontribusi nyata untuk sukabumi, tidak hanya sebatas saat kampanye dan pemilihan saja, setelah itu ada tugas amanah yang diemban dari masyarakat untuk masyarakat,” tandas Hergun.

Untuk diketahui hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR-RI H. Ahmad Muzani, Anggota DPR-RI Prasetyo Hadi, DPD Jawa Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, Anggota DPRD Kota/ Kabupaten Sukabumi, Koordinator RAI HG, H. Maman Suparman, Tokoh Masyarakat Kabupaten Sukabumi, Adjo Sarfjono dan Iman Adinugraha dan perwakilan masyarakat di 386 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Sukabumi.**