Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020, Kado Terindah di HUT ke-100 Suzuki

67
Joan Mir
Foto Ilustrasi Joan Mir di MotoGP 2020.
JAKARTA, jawabarat.indeksnews.com – Pembalap Suzui Ecstar, Joan Mir resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020, meski hanya finis di peringkat tujuh pada seri balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/20) kemarin.

Joan Mir resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020 mendapat tambahan 9 poin sudah cukup membuat Joan Mir mengunci gelar pertamanya dengan mengoleksi 171 poin.

Jumlah yang sudah tidak bisa dikejar oleh pesaingnya meski masih menyisakan 1 seri balapan MotoGP di Portugal pada 25 November 2020 mendatang.

Joan Mir
Foto Ilustrasi.

Kemenangan Joan Mir bukan saja menjadikan pembalap asal Spanyol itu menjadi pembalap pertama tim Suzuki di kelas MotoGP sejak tahun 2000 yang pernah ditorehkan pembalap Amerika Serikat, Kenny Robert Jr di kelas 500cc.

Raihan prestasi perdana pada kelas MotoGP menjadi kado hebat bagi Suzuki yang merayakan hari Ulang Tahun yang ke-100 sebagai sebuah pabrikan otomotif asal Jepang.

Pembalap 23 tahun itu mengaku syok dan belum bisa mencerna keberhasilan perdananya sebagai juara dunia pasca masuk ke kelas MotoGP dua tahun silam.

“Tidak menyangka. Saya kehabisan kata-kata. Ini adalah sesuatu yang hanya bisa saya impikan seumur hidup. Saya benar-benar masih dalam kondisi penuh emosi,” ucap Joan Mir kepada wartawan usai dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Tak heran, jika seluruh kru dan petinggi Suzuki larut dalam rasa haru saat Mir dipastikan menjadi juara dunia MotoGP musim 2020.

“Saya senang sekali. Inilah hasil ketika anda mengikuti mimpi. Saya masih belum percaya dengan apa yang sedang terjadi,” lanjutnya.

Bahkan, sebuah helm emas dan kaos bertuliskan angka 1 sudah disiapkan khusus menyambut kemenangan perdana Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP 2020.

Anda saja, para kompetitor seperti Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Alex Rins (Suzuki Ecsta) atau Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) mampu naik podium hari ini. Lalu Joan Mir tetap di peringkat tujuh, maka balapan terakhir di Portugal akan menjadi penentu.

Namun, ketiga pesaing Joan Mir justru gagal bersinar di Valencia. Quartararo terjatuh dan gagal finis. Alex Rins hanya mampu finis keempat. Sedangkan Vinales justru berada di peringkat 10.

Sementara, untuk podium pertama di seri balapan Valencia adalah Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) yang bertarung sangat keras dan seru dengan Jack Miller (Pramac Ducati) hingga lap terakhir.**