Kapolri : Ancam Tembak Mati Kelompok Ali Kalora (MIT) Jika Melawan

28
Kapolri
Foto Dokumentasi Jendral Idam Azis.
SIGI-jawabarat.indeksnews.com-Kapolri Jenderal Idham Azis meminta agar personel menindak tegas kelompok MIT, bila perlu tembak mati ditempat jika melawan. Satgas Tinombala dikerahkan guna memburu dan menangkap kelompok Mujahudin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

“Saya sudah bilang ke anggota, tindak tegas mereka (Ali Kalora dkk). Jika ketemu lalu mereka melawan tembak mati saja,” kata Kapolri Idham Aziz melalui keterangan tertulis, Selasa (01/11/20).

Sejauh ini, Kapolri menyebut Satgas Tinombala telah diterjunkan guna memburu Ali Kalora cs dan melacak tempat persembunyiannya.

“Kita akan cari sejumlah tempat yang selama ini jadi persembunyian kelompok Ali Kalora,” ujar Idham.

Polri sebelumnya menyebut kelompok MIT pimpinan Ali Kalora cs sebagai dalang terjadinya pembunuhan sadis di Sigi, Sulwesi Timur. Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi menyebut aksi pembunuhan sadis itu sebagai tindakan biadab dan harus dibasami secara hukum tegas.

“Tindakan yang biadab itu jelas bertujuan untuk menciptakan provokasi dan teror di tengah-tengah masyarakat yang ingin merusak persatuan dan kerukunan di antara warga bangsa,” kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengutuk keras terjadinya pembunuhan sadis tersebut. Menurutnya, pembunuhan sadis yang dilakukan Ali Kalora cs merupakan tidakan tak beradab diluar batas kemanusian.

“Saya mengutuk keras tindakan-tindakan di luar batas kemanusiaan dan tidak beradab yang menyebabkan 4 orang saudara-saudara kita yang meninggal dunia dalam aksi kekerasan yang terjadi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah,” tegas Jokowi.**