Keluhkan Alat Pelindung Diri, Bupati Berikan 70 Set APD Untuk RSUD Sekarwangi

170

Sempat gunakan jas hujan alat pelindung diri (APD), untuk antisipasi Covid-19. Bupati Sukabumi Marwan Hamami, serahkan bantuan 70 set APD kepada RSUD Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

SUKABUMI I RSUD Sekarwangi adalah salah satu rumah sakit rujukan untuk merawat pasien positif corona (Covid-19). Namun, dengan segala keterbatasan dan kendala, pihak RSUD terap siaga dan cepat tanggap dalam penanganan, meskipun sempat ketersediaan APD sempat mulai menipis, hingga harus menggunakan jas hujan.

Keluhkan Alat Pelindung Diri, Bupati Berikan 70 Set APD Untuk RSUD Sekarwangi 1

Loading...

Direktur Rumah Sakit Umum Sekarwangi Cibadak dr.Albani Nasution, mengaku mulai was-was dengan kondisi persediaan alat pelindung diri (APD) di rumah sakit yang mulai menipis. Padahal saat ini, RSUD miliki plat merah tersebut, menjadi rujukan untuk merawat pasien positif covid-19.

“Untuk menghadapi kemungkinan terburuk kami pernah melakukan inisiatif dengan mengunakan jas hujan, bukan tidak ada APD namun habis, makanya langkah tersebut bagian dari upaya cepat dalam pencegahan,” ujar Albani.

Albani mengungkapkan, RSUS Sekarwangi sebagai RS rujukan, saat ini telah merawat 12 pasien Dalam Pengawasan (ODP) dan 107 Pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Kami dalam menangani satu pasien, petugas medis membutuhkan 5 APD untuk satu orang pasien, bisa dibayangkan kalo ratusan ODP yang kita tangani,” kata Albani didampingi Dr. Indri Syafitri selaku Dokter paru pada RSUD Sekarwangi.

Keluhkan Alat Pelindung Diri, Bupati Berikan 70 Set APD Untuk RSUD Sekarwangi 2

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami, mengaku sedikit lega melihat para petugas medis bisa mengunakan APD yang aman untuk menjaga para medis.

“Saya sudah melihat kondisi RSUD Palabuanratu, sekarang ke Sekarwangi. Mereka sama memang mengeluarkan kekurangan APD,” jelas Marwan disela menyerahkan 70 APD untuk RSUD Sekarwangi, Selasa (24/03/2020)

Marwan mengaku, pihaknya dengan didampingi jajaran sengaja, melakukan pemantauan secara langsung, untuk meninjau perkembangan terkini untuk menjadi bahan kebijakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah kedepan program pencegahan virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA:  Jembatan Penghubung Kota Kabupaten Sukabumi Terancam Ambruk

“Kondisi sekarang ini memang kita tidak bisa optimal tanpa APD dan ini bakal jadi pengalaman ataupun evaluasi. Alat kelengkapan harus diperhatikan. Kondisi tenaga medis dan kesehatan tentu yang utama harus diperhatikan.

“Mereka (tenaga medis) harus di perhatikan kelengkapan APD nya, agar bisa bekerja dengan maksimal, sarana pelindung diri kurang tentu hasilnya tidak maksimal. Kita tidak boleh menunggu lagi hari ini kita perlu melakukan langkah percepatan dalam hal ini,” tegasnya.

Reporter : Indra Sopyan**

loading...