Kodam Jaya Kerahkan 15 Ribu Pasukan Amankan Pilkada dan Siaga Bencana

126
Kodam Jaya
Foto Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman.
JAKARTA, jawabarat.indeksnews.com,
-Panglima Kodam Jaya/Jayakarta atau Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman siap kerahkan 15.000 personel militernya untuk mengamankan Pilkada yang akan gelar 09 Desember secara serentak dan kesiapan siagaan Bencana.

Hal tersebut disampaikan Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman untuk mengamankan pesta demokrasi di Nusantara berjalan kondusif dan aman. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 dan cucu ekstrim masih menerjang yang berpotensi terjadinya bencana.

Untuk proses Pilkada, Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman mengintruksikan personilnya, untuk menekankan kepada masyarakat agar mengikuti proses Pilkada dengan menerapkan Protokol Kesehatan dan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

“Kekuatan Kodam Jaya 15.000 akan diturunkan untuk mengamankan Pilkada dan siaga kebencanaan, dibantu 4.000 pasukan dari Kepolisian, Satpol PP, dan petugas relawan maupun intansi pemerintahan. Kami sudah petakan untuk titik-titik yang dinilai rawan komplik maupun rawan terjadi bencana alam,” ujar Mayjen Dudung Abdurachman, Sabtu (21/11/20) kemarin.

Mayjen Dudung mengatakan, personel yang dikerahkan pun telah menjalani simulasi lewat tactical floor game untuk memperlancar koordinasi antar anggota saat mengantisipasi bencana banjir.

“Tactical Floor Game adalah konsep rencana pengamanan untuk memberikan gambaran kepada pengendali di lapangan agar lebih paham tata letak lokasi yang diamankan. Selain menyiapkan koordinasi untuk pengamankan proses Pilkada, kami juga menyiapkan berbagai peralatan untuk siaga bencana alam seperti perahu karet maupun fiber khusus untuk evakuasi,” papar Mayjen Dudung.

Adapun peralatan kesiap siagan bencana alam, ia mengungkapkan jenis Perahu yang disiapkan dengan berbahan khusus, akan disiapkan di setiap Kodim- Kodim yang berada di bawah naungan Kodam Jaya.

“Selain menyiapkan personel untuk mengantisipasi banjir, Kodam Jaya menyiapkan personel atau pasukan khusus untuk pengamanan pilkada serentak di dua wilayah yaitu Tangerang Selatan dan Depok yang masih masuk wilayah pengamanan Kodam Jaya,” tegas Mayjen Dudung.

Untuk diketahui personel-personel Kodan Jaya yang diterjunkan tidak hanya berasal dari TNI Angkatan Darat (AD) tapi juga dari satuan-satuan lainnya seperti Marinir, AL maupun AU.

“Semua personil dari satuan lainya ikut dikerahkan untuk memastikan proses Pilkada berjalan aman dan kondusif. Selain itu, ribuan personel juga di kerahkan untuk antisipasi terjadinya bencana banjir berjalan dan bisa ditanggulangi dengan optimal dan cepat,” tandas Pangdam Jaya.**