KPU Cianjur Siapkan Timsus Kawal Disabilitas di Pilkada Serentak

102
KPU
Foto Dokumentasi KPU Cianjur di Pilkada 2020.
CIANJUR-jawabarat.indeksnews.com,
KPU Cianjur, Jawa Barat, akan bentuk tim khusus (timsus) yang bertugas membantu hak pilih 1.084 orang disabilitas.

Timsus tersebut dibentuk KPU Cianjur, agar masyarakat yang memiliki hak pilih khusus penyandang disabilitas, tidak menemukan kesulitan dalam menggunakan hak pilihnya di pesta demokrasi Pilkada Cianjur 09 Desember mendatang.

Divisi Pendataan KPU Cianjur, Anggi Sofia Wardhani, mengatakan kalangan disabilitas di Cianjur nanti dibagi empat jenis, di antaranya disabilitas fisik, disabilitas mental, disabilitas sensorik, dan disabilitas intelektual.

“Untuk hak pemilih dari disabilitas akan dipajang di balai desa atau di tempat umum lainnya, agar masyarakat normal bisa memberikan masukan dan akan membentuk posko pengaduan untuk para disabilitas,” ujar Anggi Sofia Wardhani saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (20/10/20).

Dihubungi terpisah, Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Masyarakat KPU Kabupaten Cianjur Rustiman menjelaskan, tahapan sosialisasi Pilkada 2020 bagi para disabilitas baru akan segera dilakukan, masih menunggu konfirmasi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentas (PPID).

“Sampai saat ini masih menunggu keputusan dari pihak PPDI setelah sudah ada keputusan dari PPDI baru saya bisa menentukan hasilnya hak pemilih kaum disabilitas di Cianjur,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Disabilitas Cianjur, Asep Hermawan mengatakan, untuk memperlancar KPU akan menurunkan petugas penerjemah bahasa isyarat khusus disabilitas.

“Di perhelatan Pilkada Cianjur 2020, saya mewakili kaum disabilitas berharap, bagi calon bupati dan wakil terpilih di kursi pemimpin Kabupaten Cianjur, bisa memperhatikan kesehatan dan pemberdayaan para kaum disabilitas,” singkat Asep.(Red*)