Kurangi Sampah Plastik Melalui Gerakan Sukabumi Bestari

270

Gerakan pengurangan penggunaan kantong plastik di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berjalan cukup masif.

SUKABUMI I Sejauh ini Bupati Sukabumi sudah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 81/2019, tentang Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib, dan Asri (Bestari).

Informasi yang dihimpun. Bupati Sukabumi menerbitkan lagi Surat Edaran menyangkut pengurangan penggunaaan kantong plastik sebagai tindak lanjut dari Perbup yang sudah lebih dulu terbit. Surat Edaran itu berlaku mulai 11 November 2020 mendatang. Sasaran penerapannya diberlakukan bagi pusat perbelanjaan, pertokoan modern, dan kantor pemerintahan.

Loading...

“Kami ingin program pengurangan penggunaaan kantong plastik di Kabupaten Sukabumi mendapat dukungan semua pihak,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, Senin (17/02/2020).

Dalam Perbup Gerakan Sukabumi Bestari, merupakan gerakan untuk menjalin sinergitas antara perangkat daerah (pemerintah), masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Sukabumi dalam melakukan pengelolaan di bidang kebersihan lingkungan.

Setidaknya terdapat tiga program prioritas pada Gerakan Sukabumi Bestari, yakni pengurangan penggunaan kantong plastik, penetapan kawasan bebas sampah, dan pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran pengelolaan sampah.

“Surat Edaran pengurangan penggunaan kantong plastik itu merupakan bagian dari Gerakan Sukabumi Bestari. Program ini akan berhasil jika timbul kesadaran dalam diri masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dari berbagai jenis sampah,” jelasnya

Denis mengatakan apabila Gerakan Sukabumi Bestari ini terlaksana diharapkan bisa mengurangi beban sampah yang dapat mencemari lingkungan. Termasuk akan merubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah yang terdapat di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Intinya, pengelolaan sampah di tempat tinggal kita merupakan tugas bersama agar lingkungan tetap bersih dan asri,” tandasnya.

Reporter : Indra Sopyan*

BACA JUGA:  Jalan Gunung Karamat Rusak Berat, Pemdes Desak PU Segera Lakukan Perbaikan
loading...