Lahir Tanpa Dingding Perut, Bayi di Sukabumi Butuh Uluran Tangan

28
lahir tanpa
Foto Dokumentasi/jurnalsukabumi.com.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com_ Seorang bayi lahir tanpa dingding perut di Puskesmas Palabuanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menghawatirkan dengan kondisi usus terburai dan perlu penanganan medis lanjutan.

Informasi yang dihimpun, Bayi malang tersebut sudah dirujuk ke RSUD Syamsudin SH (Bunut) Kota Sukabumi, untuk penanganan medis. Bayi tersebut mengalami kondisi medis yang disebut gastrochisis. Ia lahir tanpa dinding perut yang menyebabkan ususnya terburai keluar dari tubuh.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat dan setelah dicek ternyata benar. Saat ini bayi dalam perjalanan ke RS Bunut,” kata Kristiawan Saputra, founder Gerakan Kepedulian Sosial Sahabat Kristiawan Peduli (SKP), Sabtu (16/01/21).

Dilansir dari Jurnal Sukabumi Kristiawan mengatakan, Bayi malang tersebut lahir pada Kamis (14/01/21) malam, sekira pukul 21.55 WIB dengan berat badan 27 ons dan panjang 45 centimeter.

Jokowi

“Setelah lahir di Puskesmas Palabuanratu, Bayi tersebut dibawa oleh orangtuanya ke RS Palabuhanratu,” tutur Kristiawan.

Gastroschisis yang diduga diderita bayi tersebut adalah kondisi bawaan lahir yang terbilang langka. Kelainan ini dapat menyerang pria dan wanita dengan jumlah yang sama.

Perkiraan perbandingan yang terjadi adalah sekitar 1 banding 1.500 hingga 1 banding 13.000. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita hamil di bawah usia 20 tahun. Untuk ibu hamil atau yang berencana hamil, pelajarilah kondisi ini agar dapat mencegahnya.**

BACA JUGA:  Kec. Cicantayan Miliki Posko Tangguh Covid-19