LSM GAPURA Datangi Kejari Cibadak, Ada Apa Ya?

46
LSM GAPURA
Foto Dokumentasi : Anggota LSM GAPURA saat usai sambangi Kejaksaan Negeri Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (30/11/20).
SUKABUMIjawabarat.indeksnews.com -Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Aktivis Penyelamat Uang Negara (LSM GAPURA) RI sambangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi, di Jalan Raya Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Jawa Barat, Senin (30/11/20) siang.

Kedatangan sejumlah pengurus LSM GAPURA RI ke Kantor Kejari Cibadak tampak memasuki ruangan kantor Pidana Khusus (Pidsus), mereka berbincang untuk mempertanyakan sekaligus mendesak Kejari Cibadak, agar segera menindaklanjuti laporan-laporan hukum masyarakat, terkait dugaan korupsi beberapa Kepala Desa di Kabupaten Sukabumi.

Ketua Umum GAPURA, Hakim Adonara, melalui Devisi Pelayanan Publik DPP LSM GAPURA RI, Ade R, mengatakan, kehadiran LSM GAPURA ke Kejari Cibadak untuk mempertanyakan seberapa banyak dan sejauh mana penanganan terhadap pengaduan hukum oleh masyarakat terkait laporan-laporan dugaan korupsi anggaran desa di Kabupaten Sukabumi di tahun 2019 dan 2020.

“Kami datang untuk mempertanyakan tindaklanjut laporan masyarakat terkait dugaan Tipikor di Pemerintah Desa. Termasuk Desa di Kecamatan Sukaraja tahun 2019 dan Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes pada tahun 2015 hingga 2018 lalu” tegas Ade R saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp.

Hal senada dikatakan oleh Sekjen LSM GAPURA RI, Bulderi Sebastian, menambahkan, tidak hanya mempertanyakan seputar penanganan kasus dugaan Tipikor para kades, akan tetapi pihaknya juga mendesak Kejaksaan Negeri Cibadak, untuk segera menindaklanjuti semua laporan-laporan hukum masyarakat yang masuk ke Kejaksaan.

“Dalam delik pengaduan jika sudah memenuhi unsur pidananya, proses hukum semua pengaduan masyarakat tersebut harus ditandatangani dan ditingkatkan tanpa terkecuali,” tandas Bulderi.

Sementara Kasubsi Pidana Kejaksaan Negeri Cibadak, Aji, SH menilai perkara hukum Pemerintah Desa Tahun 2019 dan 2020 sebanyak 6 (enam) perkara.

“Empat perkara sudah dalam tahap persidangan dan dua perkara lainnya sedang dalam tahap penyidikan” ujar Aji, SH.

Terkait desakan kawan-kawan dari LSM GAPURA RI, pihak Kejaksaan Negeri Cibadak sangat mengapresiasi dan akan ditindak lanjuti.

“Semua pengaduan masyarakat tentu berjalan sesuai dengan prosedural hukum, baguslah ada mitra masyarakat yang mengawal dan memantau penegakan hukum,” pungkas Aji.

Untuk diketahui kedatangan anggota dan pengurus LSM GAPURA RI diterima oleh Kepala Sub Seksi Pidana, Elga Nur Fajrin, SH, Aji SH, dan Staf Intelijen, sekitar pukul 13:00 WIB.**(CR-1)