Mantan Anggota DPRD Terjerat Kasus Narkotika Sabu dan Extasi, Doni dan Lima Terdakwa Lainnya Diancam Hukuman Mati

88
Anggota DPRD
Foto Ilustrasi.
PALEMBANG,jawabarat.indeksnews.com_ Badan Narkotika Nasional (BNN) telah melimpahkan berkas perkara Doni SH mantan anggota DPRD Kota Palembang, dalam kasus penyalahgunaan dan kepemilikan narkotika, ke Kejaksaan Negri (Kejari) Palembang, Jum’at (11/12/20) kemarin.

Tersangka oknum (Doni SH) perwakilan rakyat di Kota Empe-empe tersebut, terbukti dalam kasus narkoba dengan barang bukti (BB) narkotika jenis sabu-sabu seberat 4 kilogram dan 21 ribu pil ekstasi.

Tersangka Doni SH digiring ke Kejari Palembang dalam perlimpahan berkas perkara bersama lima rekan yang juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkotika. Kelima tersangka lainnya yakni Ahmad Najmi Ermawan, Joko Zulkarnain, Alamsyah, Yati Surahman dan Mulyadi.

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum), Agung Ary Kesuma SH mengatakan, pihaknya tengah menerima berkas pelimpahan enam tersangka berikut barang bukti. Doni bersama lima tersangka lainnya sudah dilakukan penahanan di Rutan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Ke enam terdakwa dijerat dengan Pasal 112 dan 114 ayat 2 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman mati,” ujar Agung Ary Kesuma saat dikonfirmasi, Minggu (13/12/20).

Lanjut Agung Ary, sebelumnya kelima terdakwa dilakukan penangkapan oleh pihak BNN di kawasan Palembang. Setelah sebelumnya, pengembangan dan menyelidikan terdakwa berhasil diamankan di Cilacap, serta satu orang diamankan di Medan yang diduga menjadi pemilik barang haram tersebut.

“Awal tahun 2021, berkas akan kami limpahkan ke Pengadilan Negeri Kls 1 Khusus Palembang, agar ke enam terdakwa menjalani persidangan untuk mempertangung jawabkan perbuatanya, apalagi satu terdakwa adalah pejabat publik sebagai wakil rakyat, harusnya bisa menjadi contoh baik dan ikut dalam melakukan pemberantasan peredaran narkotika,” kata Agung Ary.

Diberitakan sebelumnya, seorang anggota DPRD Palembang ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (BNNP Sumsel) dengan barang bukti lima kilogram narkoba jenis sabu-sabu dan ribuan pil ekstasi.**

BACA JUGA:  BPBD Kabupaten Normalisasi Saluran Air, Pasca Banjir Bandang Cicurug Sukabumi