Mochamad Lutfhi Hafiyyan: Terus Pantau dan Kawal Pembangunan Kp. Saung Bale

273
Mochamad Lutfhi Hafiyyan Anggota DPRD Fraksi PDIP saat meninjau Lokasi Kampung Saung Bale Desa Narawita Kecamatan Cicalengka, Selasa (14/1).
Selain dinas/OPD terkait dan berbagai pihak, Kondisi Kampung Saung Bale tak Luput dari Sorotan dan Pantauan anggota Dewan. Salah satunya Mochamad Lutfhi Hafiyyan Anggota DPRD Kabupaten Bandung Fraksi Partai PDI Perjuangan.

BANDUNG, IndeksNews.com | Selain pantauan langsung dari Forkompincam Kecamatan Cicalengka, OPD/Dinas terkait. Kampung Saung Bale pun tak luput dari perhatian wakil rakyat yang satu ini.
Berdasarkan pantauan IndeksNews.com Mochamad Lutfhi Hafiyyan anggota dewan fraksi Partai PDI Perjuangan, menyoroti permasalahan terisolirnya Kampung Saung Bale di Desa Narawita.
Mochamad Lutfhi Hafiyyan: Terus Pantau dan Kawal Pembangunan Kp. Saung Bale 1
Mochamad Lutfhi Hafiyyan Anggota DPRD Kabupaten Bandung asal Cicalengka, turut menyaksikan dialog forkompincam dengan OPD, Pemerintahan Desa dan pengembang perumahan Buana Cicalengka serta warga Kampung Saung Bale di Kantor Pemasaran Buana Cicalengka.
Didampingi berbagai komunitas masyarakat, Mochamad Lutfhi Hafiyyan langsung meninjau lokasi Kampung Saung Bale Selasa (14/1).
Ia bercengkrama dengan beberapa warga untuk menanyakan harapan dan keinginan warga di kampung tersebut.
Mochamad Lutfhi Hafiyyan: Terus Pantau dan Kawal Pembangunan Kp. Saung Bale 2
Mochamad Lutfhi Hafiyyan Anggota DPRD Kabupaten Bandung Fraksi PDIP, dengan Kepala Desa Holidin dan BPD Desa Narawita.
Menurutnya, kondisi Kampung Saung Bale perlu perhatian berbagai pihak, khususnya pemerintah.
“Sebagai anggota dewan kita akan mengusahakan kepada pemerintah untuk segera mungkin dapat menggelontorkan dana baik dari ABPD kabupaten, provinsi dan anggaran lainnya,” ungkapnya.
Berdasarkan pantauannya dilapangan, ada titik berat permasalahan yang harus segera mendapatkan solusinya buat kampung Saung Bale.
“Titik berat masalah kampung itu adalah penyediaan sarana air bersih dirumah warga dan akses jalan menuju kampung tersebut,” ungkap Kang Lutfhi sapaan akrabnya. Selasa (14/1).
Disamping itu, masalah lain diantaranya saluran air (drainase), yang berada di kampung bale pun menjadi perhatiannya.
Mochamad Lutfhi Hafiyyan: Terus Pantau dan Kawal Pembangunan Kp. Saung Bale 3
Mochamad Lutfhi Hafiyyan Anggota DPRD Fraksi PDIP saat meninjau Lokasi Kampung Saung Bale Desa Narawita Kecamatan Cicalengka, Selasa (14/1).
Sementara itu, untuk pemberdayaan ekonomi warganya, Lutfhi akan mencoba membantu usulan kadesnya tentang penyediaan bibit buah2an.
“Kita akan mencoba mendorong kampung saung bale untuk memproduksi buah-buahan, sehingga warganya menjadi punya pendapatan tambahan” ungkapnya.
Sebab, manurut Lutfhi, sumber daya manusia di kampung saung bale ini notabene buruh tani. “Sementara itu sektor pertaniannya tidak jelas,”ungkapnya.
Sementara itu, terkait dengan realisasi rencana pembangunan akses jalan yang akan dilaksanakan oleh pengembang, ia akan terus memantaunya.
“Kita akan melakukan pantauan kepada pengembang perumahan terhadap usulan usulan warga seperti MCK, akses jalan, saluran air bersih dan drainase,” ungkapnya.
“Minimal ada kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan pengembang perumahan, untuk menyelesaikan permasalahan Penataan Kampung Saung Bale,” pungkas Lutfhi.
Sebelumnya, Muspika Cicalengka lengkap dengan Binmas, Babinsa Desa, Satpol PP, memantau langsung kondisi Kampung Saung Bale.

BACA:

BACA JUGA:  Tuntut Pemilihan Ulang, Warga Desa Rancaekek Kulon Demo

Inilah Harapan Warga Kampung Saung Bale Narawita Cicalengka

Loading...
Bukan hanya unsur Forkompincam, berbagai dinas terkait pun ikut andil, Dinas LH, Disperkimtan, BPDB, dinas PUTR, Dinas P5A, kepala desa Narawita, BPD, dan tim relawam bencana meninjau lokasi langsung.
Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, S.Ip mengutarakan keluhan warga kampung saung Bale diantaranya adalah banjir yang diakibatkan pembangunan perumahan Buana Cicalengka.
“Hari ini kita ingin mencari solusi aalah satunya agar banjir yang diakibatkan luapan saluran air yang dibangun tidak meluap ke pekukiman penduduk,” ungkapnya.
Camat menambahkan, selain banjir sedang dicari juga solusi untuk penataan pemukiman kampung saung bale.
“Selain itu juga sedang dicari solusi untuk penataan pemukiman dan lingkungan,”ungkapnya.
Ia berharap, semua OPD di kabupaten Bandung ikut andil berpartisipasi untuk menuntaskan pembenahan di kampung ini.
Termasuk masalah kesehatan masyarakat, selain panataan masalah banjir drainase, aksea jalan setapak.
“Secara bertahap kita akan melaksnakannya. Hari ini oita akan membagi kewenangan penanganannya, mana kewenangan desa, mana kewenangan OPD,” ungkapnya.
Menanggapi keluhan antisipasi banjir pengembang perumahan Buana Cicalengka Budi Yaman penanggung jawab Pt. Buana Cicalengka Raya.
“Pada intinya kami menerima masukan dari siapapun, karena selama ini yang dilapangan tidak terjadi, dan sudah masuk dalam perencanaan pengembang perumahan.
Memang ada saluran air yang harus diperbaiki. Sepenuhnya menjadi tanggung jawab pt. Pirantek Untuk membenahi kampung tersebut.
“Untuk akses jalan ke kampung dari awal sudah ada rencana akses jalan menuju ke kampung tersebut, hanya bentuknya seperti apa kita belum tahu, karena pada waktu itu masih lahan terbuka,” ungkapnya.
Ditegaskan Budi, Akses jalan ke Kampung Saung Bale tidak mungkin ditutup. Hanya disesuaikan dengan kondisi alam yang ada.
“Tentunya dengan kemampuan kita, kalau ada yang bisa di bantu pasti di bantu,” ungkapnya.
Untuk masalah kapan direalisasikannya bantuan tersebut, pihaknya akan menunggu kordinasi dengan pengurus pusat.
“Intinya sesegera mungkin, untuk masalah anggaran kita perlu menghitung dulu dan dilaporkan ke pimpinan pusat,” imbuh Budi.
Diberitakan IndeksNews.com belumnya, sebanyak 17 KK dan 16 Rumah yang berpenduduk 45 jiwa di kampung Saung Bale merasa terisolir dan tertinggal dalam segi pembangunan.
Warga Kampung Saung Bale mengeluhkan akses jalan dan air bersih sebagai prioritas. Karena keduanya ini membuat warga di Kampung Saung Bale Merasa terisolir dan tertinggal.
Selain itu, warga pun berharap ada bantuan pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan yang saat ini tidak jelas pendapatannyam ***
Penulis: Andi Rohendi
Loading...
loading...