Partai Non Parlemen Siap Kawal Pilkada Bandung 2020

263
Silaturahmi Partai Nasdem Kabupaten Bandung bersama delapan partai non parlemen di kantor DPD Partai Nasdem, Senin (9/12).

Berdasarkan pengalaman pelaksanaan pilkada, masih kedapatan ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netral.

Bandung | Selain netralitas, serapan anggaran pilkada yang diserap KPUD Kabupaten Bandung, perlu dikawal agar tepat sasaran.

Hal itu terungkap dalam silatutahmi Partai NasDem dengan partai non Parlemen Kabupaten Bandung, yaitu Partai Berkarya, Garuda, Perindo, PPP, PBB, Hanura, PSI dan Gelora, senin (9/12) kemarin.

Loading...

Dalam pertemuan tersebut ke delapan partai non parlemen menyepakati untuk mengawal bersama setiap tahapan pilkada agar anggaran yang disiapkan untuk KPUD Kab. Bandung Bandung bisa tepat sasaran.

Ketua Forum Komunikasi Partai Non Parlemen, Yudha Noor mengharapkan, pada pilkada 2020 dapat menghasilkan proses demokrasi yang lebih baik, lepas dari segala bentuk intervensi dari kelompok tertentu.

“Kita akan berjuang bersama untuk melakukan perubahan kekuasaan di Kab. Bandung dengan harapan dan langkah itu sangat konstitusional karena dijamin oleh UU Pilkada,” ungkapnya.

POLLING: Siapa Calon Bupati Bandung Pilihan Anda pada Pilkada 2020?

Menurutnya, kekuasaan yang sudah lama dipegang dapat bergeser pada kelompok lain apabila mempunyai figur yang tepat.

“Kekuasaan yang sudah terlalu lama menguasai politik Kab. Bandung bisa bergeser pada kelompok bersama dengan figur baru yang punya kemampuan mendorong Kab. Bandung sebagai daerah termaju di Jawa Barat,” ungkap Yudha Noor.

Sementara itu, menjelang Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh kepala desa agar tetap menjaga netralitas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Januar Solehuddin mengatakan, dari pengalaman Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018 dan Pemilu serentak 2019, pihaknya masih mendapati ASN yang tidak netral, kepala desa  yang tidak netral, bahkan inkrah dan vonis di pengadilan.***

BACA JUGA:  Heri Gunawan Soroti Rendahnya Capaian PDB
Loading...
loading...