Pemerintahan Pusat Siap Kucurkan Dana 2,6 Triliun Untuk Pesantren

302
Pemerintah pusat wacanakan
kucurkan dana bantuan untuk mendukung wacana dibukanya kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Pondok Pesantren (Ponpes).

SUKABUMI I Untuk menunjang fasilitas protokol kesehatan, wacana bakal digelontorkanya dana bantuan sekitar Rp 2,6 triliun untuk pesantren. Bantuan tersebut bentuk  perhatian pemerintah pusat untuk keberlangsungan lembaga pendidikan agama dalam Protokol Kesehatan.

“Setelah sekolah-sekolah dan pesantren diliburkan selama kurang lebih lima bulan. Saat ini sekolah bakal mulai dibuka kembali bagi daerah-daerah yang ditetapkan sebagai zona hijau. Tapi harus menerapkan protokol kesehatan agar tidak jadi tempat bpenularan Covid-19. Guna membantu pesantren, pemerintah rencana bakal menyediakan dana Rp 2,6 triliun,” kata Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, mengunjungi Pondok Pesantren Assobaryyah di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, kemarin (08/07/20).

Pemerintahan Pusat Siap Kucurkan Dana 2,6 Triliun Untuk Pesantren 1
Foto : Wakil Presiden Ma’aruf Amin didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi dan Jajaran, disela kunjungan ke salahsatu Pesantren di Kecamatan Cibeurem.

Dalam kunjungan Ma’ruf Amin, ia mengutarakan dana sebesar Rp 2,6 triliun tersebut, bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) untuk pembangunan tempat cuci tangan, tempat wudhu dan MCK.

“Selain bantuan yang bersumber dari PUPR RI, juga dari Kementerian Sosial berupa insentif bagi tenaga pengajar. Rencana bantuan Kemensos sifatnya insentif untuk tenaga pengajar.Jadi kalau di total besarnya mencapai Rp 2,6 triliun,” kata Ma’ruf Amin.

Lanjut Ma’ruf Amin, adapun kisaran dana bantuan untuk pesantren tersebut bervariatif antara Rp 20-50 juta. Adapun tujuan dari bantuan itu untuk persiapan dibuka kembalinya kegiatan belajar mengajar (KBM) ditengah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Pemerintah menganggap agar pesantren tidak menjadi pusat penularan Covid-19, kita diatur dan dipersiapkan dengan baik biar lebih aman dibandingkan pendidikan diluar pesantren,” tandas Ma’ruf Amin. (Red)

Pemerintahan Pusat Siap Kucurkan Dana 2,6 Triliun Untuk Pesantren 2