Peran Ranger Sangat Penting Untuk Pengembangan Pariwisata Geopark Ciletuh

115

Puluhan anggota Pemandu Wisata Geosite (Ranger) Untuk Geopark Ranger CPUGGP, ikuti Pelatihan Kapasitas Pemandu Ranger Pariwisata, di Hotel Augusta Palabuhanratu, Rabu (29/07/20).

SUKABUMI I Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Usman Jaelani mengatakan, yang mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pemandu wisata geosite (ranger) ada sebanyak 20 orang yang berasal dari kawasan wisata Geopark Ciletuh, pelatihan dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan mewujudkan sapta pesona.

“Pelatihan Ranger ini guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta ikut berperan aktif mempromosikan daya tarik wisata di Kabupaten Sukabumi,” ujar Usman Jaelani.

Loading...

Peran Ranger Sangat Penting Untuk Pengembangan Pariwisata Geopark Ciletuh 1

Sementara itu, Sekertaris Daerah Pemkab Sukabumi Iyos Somantri, mengatakan, objek pariwisata saat ini menjadi salah satu program unggulan Pemkab Sukabumi, yang dapat mendorong sektor sektor lainnya, ikut berkembang secara kontinue. Untuk itu, peranan Ranger Pariwisata Geopark Ciletuh-Palabuanratu, itu sangat penting.

“Pemkab akan terus berupaya melakukan berbagai langkah untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Seperti penetapan kebijakan pembinaan dan pendampingan bagi dunia usaha dan masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan pariwisata, termasuk pelatihan para Ranger,” jelas Iyos.

Peran Ranger Sangat Penting Untuk Pengembangan Pariwisata Geopark Ciletuh 2

lebih lanjut Iyos menerangkan, keberadaan pemandu wisata geosite (ranger) di sektor pariwisata, adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan didalam pengembangan kawasan geopark dan pariwisata lainnya.

“Keberadaan Ranger sangat diharapkan bisa mengedor perkembangan pariwisata, untuk itu kepada semua yang saat ini ikuti pelatihan untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun Geopark Ciletuh Palabuhanratu,” tandas Iyos. (Red*)

Peran Ranger Sangat Penting Untuk Pengembangan Pariwisata Geopark Ciletuh 3

BACA JUGA:  Jalan Gunung Karamat Rusak Berat, Pemdes Desak PU Segera Lakukan Perbaikan
loading...