Persiapan Pilkada Sukabumi, Pjs Bupati Himbau Petugas TPS Tetapkan Prokes

132
Pilkada
FOTO : Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhammad saat menjau simulasi TPS yang dipersiapkan KPU Kabupaten Sukabumi.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com-Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tinggal menghitung hari. Sejumlah persiapan atau tahapan terus di laksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah Kota /Kabupaten/Provinsi yang ikut melaksanakan Pilkada serentak 09 Desember mendatang.

Seperti halnya Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhamad memastikan persiapan di Pilkada Sukabumi tidak ada kendala dan matang dalam segi logistik maupun penunjang lainnya. Hal tersebut disampaikan Pjs Bupati Sukabumi disela meninjau simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi tahun 2020 tingkat TPS. Kegiatan simulasi dilaksanakan KPU Kabupaten Sukabumi, di Kampung Tugu, Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Sabtu (21/11/20) kemarin.

Informasi yang dihimpun, R. Gani dengan fokus dan meminta KPU sebagai penyelenggara pemilu, untuk memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan atau 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) pada pelaksanaan tahapan pencoblosan hingga penghitungan suara.

“Semua harus bisa dipersiapkan sedemikian rupa, mulai dari kedatangan peserta hak pemilih, pengecekan suhu tubuh, semua terapkan 3M hingga selesai pelaksanaan pencoblosan. Itu dilakukan Pilkada saat ini berbeda dari sebelumnya, dengan adanya wabah Covid-19. Sehingga prosedur tambahan untuk penerapan Prokes di lokasi TPS itu harus diperhatikan dan dilaksanakan,” tegas R. Gani.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman, mengatakan simuasi pemungutan dan penghitungan suara ini akan dilakukan serentak secara Nasional. Simulasi tersebut, bagian dari tahapan KPU dalam persiapan menjelang pencoblosan 09 Desember mendatang.

“Simulasi ini bagian dari persiapan prosedur pencoblosan di TPS bisa dilakukan dan sesuai. Khususnya dari segi penerapan Prokes untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” kata Fergus sapaan akrab Ketua KPU Kabupaten Sukabumi.

Persiapan TPS di masa Pandemi Covid-19 ini, Fergus menjelaskan ada aturan yang harus dan wajib diperhatikan bagi peserta pemilihan maupun petugas di setiap TPS. Prokes antara lain, menjaga garis pembatas untuk menjaga jarak, semua petugas dilengkapi APD, dan di wajibkan memakai masker.

“Jangan sampai ada kerumunan yang begitu signifikan. Termasuk pasilitas penunjang seperti tempat mencuci tangan, dan lainya dipastikan tersedia saat pelaksanaan nanti. Semoga lewat simulasi ini, pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan surat suara nanti, bisa berjalan lancar dan kondusif,” tandas Fergus.**