Perumda AM TJM Sukabumi, Geber Ribuan Pemasangan Baru Program MBR Tahun 2020

318
Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (AM TJM) Kabupaten Sukabumi, Cabang Sagaranten – Purabaya, dan Cabang Parakan salak, Jawab Barat. Realisasikan puluhan pemasangan sambungan instalasi pipa baru. Untuk program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2020.

SUKABUMI I Informasi yang dihimpun dari Direktur Utama (Dirum) Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, melalui Kepala (PKS) Cabang Sagaranten – Purabaya, Gusgus Slamet, pemasangan sambungan instalasi pipa air untuk masyarakat berpenghasilan rendah tersebut, bagian dari program bantuan air bersih dari pemerintah MBR.

“Ada sebanyak 90 warga yang berpenghasilan rendah a di wilayah kerja Perumda AM TJM cabang Sagaranten-Purabaya. Mendapatkan kesepakatan program MBR dari pemerintah,” ujar Gusgus Slamet, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (15/07/20).

Perumda AM TJM Sukabumi, Geber Ribuan Pemasangan Baru Program MBR Tahun 2020 1

Dalam pelaksanaan program bantuan sambungan air bersih MBR 2020 ini, sebanyak 82 pelanggan masuk di wilayah Kecamatan Sagaranten dan untuk Kecamatan Purabaya 8 pelanggan penerima manfaat.

“Alhamdulillah, pelaksanaan pemasangan sambungan MBR tahun 2020 untuk 90 pelanggan penerima manfaat, sudah berjalan sejak hari kemarin, semoga program ini bisa dirasakan manfaatnya untuk pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah Sagaranten-Purabaya,” kataa dia.

Pelanggan yang mendapatkan program MBR ini, kata Gusgus, pelanggan mendapat biaya subsidi oleh pemerintah melalui Perumda AM TJM, seusai program yang dicanangkan pemerintah untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan air minum.

“Kalo untuk pemasangan baru itu harga normalnya Rp. 1.250.000 dengan jatah pipa 6 meter ukuran nya 1/2 inc. Sedangkan pemasangan MBR ini tarifnya hanya Rp 120 ribu, jatah panjang dan ukuran pipa sama, biaya tentu cukup mahal untuk pemasangan baru itu Rp. 1.250.000 dengan jatah pipa 6 meter ukuran nya 1/2 inc. Untuk itu, dengan adanya MBR bisa dimanfaatkan dengan baik, tapi kuotanya terbatas,” papar dia.

Perumda AM TJM Sukabumi, Geber Ribuan Pemasangan Baru Program MBR Tahun 2020 2

Hal yang sama diungkapkan Kepala Cabang AM TJM Parakansalak Kabupaten Sukabumi, Erni Sumarni, pihaknya saat ini tengah merealisasikan program pemasangan sambungan air bersih MBR, di wilayah Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

“Diwilayah kami pada tahun 2020 ini, akan direalisasikan sebanyak 700 permintaan sambungan baru program MBR. Jumlah tersebut, pelanggan yang tersebar di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Parakansalak, Parungkuda, dan Kecamatan Bojonggenteng, semoga bisa selesai dengan cepat,” jelas Erni Sumarni.

Erni mengaku, program MBR Perumda AM TJM tahun 2020, mengalami peningkatan jumlah permintaan, dibandingkan tahun 2019 hanya merealisasikan sebanyak 600 permintaan sambungan baru program MBR.

“Meskipun belum terakomodir seluruhnya, Pemerintahan menargetkan MBR ini harus tercapai dijumlah 1300 permintaan. Untuk informasi, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya, fotocopy TKP, fotocopy Kartu Keluarga (KK), dan rekening listrik yang voltasenya di bawah 1300 kwh,” tandas dia.(Rls*)

Perumda AM TJM Sukabumi, Geber Ribuan Pemasangan Baru Program MBR Tahun 2020 3Perumda AM TJM Sukabumi, Geber Ribuan Pemasangan Baru Program MBR Tahun 2020 4Perumda AM TJM Sukabumi, Geber Ribuan Pemasangan Baru Program MBR Tahun 2020 5