Polres Ciamis Gelar Simulasi TFG Cegah Kerawanan Kamtibmas

TFG dilakukan untuk memberikan gambaran gerakan kepolisiam dalam situasi Kontijensi, juga menyamakan persepsi berbagai leading sektor.

221
Polres Ciamis
Polres Ciamis Gelar TFG
Akibat Virus Covid-19 (Corona) sudah menjadi Pandemi Global, berdampak serius pada sendi -sendi ekonomi, kesehatan dan keamanan di masyarkat. Untuk menjaga Kerawanan Kamtibmas, Polres Ciamis Gelar TFG. 

Menanggapi dampak dari Wabah Covid 19 terhadap kondisi kerawanan sosial, Polres Ciamis beserta TNI dan Intansi Pemerintah, menggelar Tactical Floor Game ( TFG ).

Tfg Polres Ciamia
Polres Ciamis Gelar TFG di mapolres Ciamis Senin (6/4/2020)

TFG dilakukan sebagai upaya Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dan menghadapi kontijensi.

Gelaran Tactical Floor Game ( TFG ) bertempat di Aula Pesat Gatra Polres Ciamis, Senin (6/04/2020).

Loading...

Berdasarkan Kabupaten Ciamis dari data Covid Media Centre Kabupaten Ciamis jumlah data Fositif Covid 1 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP)10 orang, Orang Dalam Pengendalian (ODP) sebanyak 1284 orang dan Migrasi Dalam Pengawasan (MDP) 20.733 orang.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra dalam mengatakan, pelatihan Tactical Floor Games (TFG) Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) kontijensi dalam karantina wilayah.

Sebagai simulasi upaya pelatihan dalam penanganan konflik sosial dampak wabah virus Corona (Covid-19) di wilayah hukum Polres Ciamis.

“TFG adalah sebuah pemaparan untuk mengsimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai,” ungkap Dony Eka Putra.

TFG sendiri bertujuan untuk memberikan gambatan tentang gerakan kepolisian dalam berbagai situasi.

“Tujuannya adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan personel baik pada saat aman maupun situasi kontijensi,” terangnya.

Selain itu, TFG adalah untuk menyamakan persepsi anggota dalam melakukan gerakan.

“Penanganan antisipasi dan upaya penanggulangan penyebaran covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis, adapun maksud dan tujuan TFG ini merupakan untuk penyamaan persepsi cara bertindak anggota dilapangan” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut dampak pandemi covid 19 ini perlu penanganan secara bersama, sinergitas antara TNI / Polri serta unsur Pemerintah yang mana dampak pandemi ini akan menyebabkan konflik sosial khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

BACA JUGA:  Wakapolresta Bandung Salurkan Bansos Terhadap Warga Dampak Covid-19

Dony Eka Putra menambahkan, apabila ada perubahan situasi kontijensi secara cepat terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis kita selaku Pemerintah sudah siap dalam penanganan atau cara bertindak dilapangan dan dapat diantisipasi sedini mungkin,” tukasnya.

Seusai kegiatan pantauan media ini, dilakukan pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) dan pemaparan dari masing masing Kasatgas, Ka Sub Satgas dan Sub Satgas bantuan.

Terkait cara bertindak anggota dilapangan dari masing masing Satgas dalam rangka Simpamkota Terkait penanganan Pandemi Covid – 19 di Wilayah Kab. Ciamis

Editor: Andi Rohendi | Jurnalis: RiF4i

loading...