Polres Bojonegoro Terjunkan Bobota, Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

45
Polres
Foto Dokumentasi Humas Polres Bojonegoro.
JATIM, jawabarat.indeksnews.com
Polres Bojonegoro, Jawa Timur, punya solusi jitu menindak para pelanggar Protokol Kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

Lewat alat canggih bernama Bobota, Polres Bojonegoro, siap memberikan himbauan dan sanksi bagi masyarakat yang tidak mau patuh terhadap aturan Protokol Kesehatan Covid-19.

Lantas, apa itu Bobota yang saat ini sedang kita bicarakan?, dikutip dari akun Instagram @polisi_indonesia, ‘Bobota’ merupakan kepanjangan dari Robot Bojonegoro Tangguh.

Bobota memiliki fungsi menjadi robot asisten yang membantu pekerjaan polisi sehari-hari. Bobota merupakan robot yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Robot kecil ini (Bonota) dilengkapi oleh berbagai fitur canggih seperti Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition), AI Camera (FaceMask Detection Alert), Video Call, Mobile Traffic Light,PTZ Camera 270ᵒ dan Camera 360ᵒ merupakan kamera yang dapat berputar baik 270ᵒ atau 360ᵒ.

Semua fitur ini dimasukan karena banyaknya tugas yang bisa dikerjakan oleh Bobota, seperti mencari pelanggar lalu lintas lewat pelat mereka, memantau situasi dan kondisi di suatu daerah, menjadi lampu merah di satu daerah yang macet.

Dan yang paling canggih adalah bisa digunakan untuk mendeteksi para pelanggar Protokol Kesehatan yang tidak menggunakan masker.

“AI Camera (FaceMask Detection Alert) Menggunakan pemanfaatan AI dan IoT yang dapat mendeteksi setiap masyarakat yang tidak menggunakan masker. Bobota juga dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker,” jelas akun Instagram @Polisi_indonesia pada Minggu, 11 Oktober 2020.**