Rakor DPK APDESI Digelar di Citanglar Surade, Ini Pesan Bupati Sukabumi,?

42
DPK APDESI
FOTO DOKUMENTASI : Bupati Sukabumi Marwan Hamami disela memberikan arahan kepada para parangkat desa, dalam Rakor DPK APDESI Sukabumi di Kecamatan Surade.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com_ Bupati Sukabumi Marwan Hamami diundang sebagai kepala daerah dalam Rapat Kordinasi (Rakor) DPK APDESI (Asosiasii Perangkat Desa Seluruh Indonesia)Sukabumi, Jawa Barat, di Gedung Kantor Desa Citanglar, kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (09/01/20).

Dalam Rakor DPK APDESI Kabupaten Sukabumi, di hadiri sejumlah Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kaur Keuangan Desa (Kakeudes) dari tiap desa Se-wilayah Kecamatan.

Ketua Panitia Rakor DPK APDESI Surahman mengatakan, rakor diikuti 22 orang peserta perwakilan dari sejumlah kecamatan, rakor dilaksanakan untuk lebih meningkatkan sinergitas dan menjalin komunikasi antara Pemerintah Desa (Pemdes) maupun Pemkab Sukabumi.

Selain itu, Rakor lebih kepembinaan dan evaluasi kepada parangkat desa tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) realisasi APBDESA tahun 2020 dan penyusunan APBDESA tahun 2021 serta membangun strategi sosialisasi pencegahan penyebaran virus Covid-19 ditingkat desa.

“Semua perangkat desa harus lebih cekatan lagi dari sisi menguasai wawasan seperti laporan APBDES, serta membantu peran pemerintah dalam penanggulangan penyebaran virus Covid 19 Kabupaten Sukabumi,” papar Ketua Panitia Surahman.

Rakor DPK APDESI Digelar di Citanglar Surade, Ini Pesan Bupati Sukabumi,? 1

Bupati Sukabumi Marwan Hamami disela membuka Rakor DPK APDESI yang melibatkan parangkat Pemdes se-kabupaten, mengajak semua yang bernaung di wadah APDESI untuk terus meningkatkan wawasan dan keprofesionalan dalam memberikan pelayanan pembangunan untuk masyarakat. Ditambah, ikut giat dan sigap terjun mensosialisasikan protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat di wilayah.

“Kita semua harus harus bergerak secara masif dan bersama-sama untuk mengakhiri wabah Covid-19, untuk itu bantu kami dalam mensosialisasikan prokes kepada masyarakat di pelosok desa,” ajak Marwan.

Menurut Marwan, organisasi atau wadah APDESI yang didalamnya unsur Kepala Desa dan perangkat, harus bisa merangkul semua kalangan dalam peran serta ikut serta menerapkan Prokes.

DPK APDESI

“APDESI harus bisa bersinergi dengan tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, APH, tokoh ulama maupun DKM, untuk menciptakan keharmonisan dan kesinambungan di tengah Pandemi Covid-19 yang masih terjadi,” papar Marwan.

Marwan mengingatkan, ada dua hal startegis lainnya yakni perencanaan pembangunan dan pemulihan ekonomi, supaya semuanya fokus kepada program yang menjadi prioritas utama.

“Dalam Perencanaan pembangunan semua desa harus fokus dengan memilih program prioritas penting, gali potensi yang ada, kembangkan UMKM, berinovasi lebih luas untuk membantu memulihkan perekonomi di masa Pandemi,” tegas Marwan.

DPK APDESI

Marwan menambahkan, Pemkab akan terus berupaya dan berusaha, diri sisi mendorong peran serta BUMDES di setiap desa, untuk berperan dalam pemulihan ekonomi melalui penguatan UMKM.

“APDESI bisa terus bergerak cepat dalam menyelesaikan harapan dan permasalahan-permasalahan yang ada dimasyarakat. Semoga dengan Rakor DPK APDESI bisa menjawab aspirasi dan menjadi solusi atas permasalahan- permasalahan yang ada, dan segera terpecahkan bersama, untuk Kabupaten Sukabumi yang maju, religius dan unggul,” tandas Marwan.**