Ribuan Pelajar di Nusantara, Ikuti Tes Seleksi Beasiswa Universitas Nusa Putra

44
pelajar
Foto Screenshot : Ribu peserta di Indonesia ikuti tes seleksi program beasiswa Universitas Nusa Putra, secara online.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com_ Ribuan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti tes seleksi Beasiswa 1000 Anak Negeri secara daring (online) yang diselenggarakan Universitas Nusa Putra, Minggu (10/01/21) kemarin.

Wakil Rektor III Universitas Nusa Putra, Muhammad Muslih menjelaskan, kampus Nusa Putra terus konsisten mengelar Program Beasiswa 1000 Anak Negeri di setiap tahunnya. Hal tersebut, bertujuan agar dapat menjaring putra-putri terbaik dari seluruh wilayah Nusantara, agar dapat menempuh pendidikan tinggi di Nusa Putra.

“Tes tersebut merupakan salah satu tahapan yang harus ditempuh para pelajar untuk mendapatkan beasiswa. Ini memang program rutin kita setiap awal tahun akademik. Jadi Nusa Putra menyediakan kuota 1000 beasiswa untuk putra-putri terbaik Indonesia agar bisa menempuh Pendidikan Tinggi di Nusa Putra,” terang Muhammad Muslih, dalam keterangan rilisnya, Senin (11/01/21).

Lebih lanjut Muslih menerangkan, Beasiswa 1000 Anak Negeri terbagi menjadi kriteria. Diantaranya Beasiswa Santri, Tahfiz Al Quran, Olimpiade, Seniman, Ketua Osis, Atlit, Afirmasi dan beasiswa untuk penyandang disabilitas.

“Program Beasiswa 1000 Anak Negeri Nusa Putra peminatnya luar biasa tinggi, kita menerima ribuan pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia,” beber Muslih.

Untuk tahun ini, kata Muslih, situasi Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, Tes Seleksi dilakukan secara online. Meski demikian, situasi ini tidak menyurutkan minat peserta mengikuti program Beasiswa 1000 Anak Negeri.

“Iya antusias peserta tinggi sekali, meski ada beberapa kendala teknis dari jaringan internet, tapi mereka tetap berusaha untuk bisa mengikuti tahapan dengan tuntas,” papar Muslih.

Lanjut Muslih, untuk tahapan seleksi sendiri, dilakukan mulai dari seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, tes bahasa Inggris dan wawancara.

“Wawancara dalam bahasa Inggris juga, peserta harus bisa menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris yang dilakukan oleh dosen-dosen Nusa Putra yang juga berasal dari luar negeri,” lanjut Muslih.

Muslih mengatakan, bagi pelajar yang berminat untuk mengikuti program tes seleksi beasiswa kembali, program ini akan kembali di buka untuk tahun akademik 2022/2023.

“Biasanya pembukaan dimulai di akhir bulan Oktober, jadi kepada adik-adik pelajar bisa mempersiapkan diri dari sekarang,” pungkas Muslih.(Rls/ADV)