Warga Desak Disnak Intensif Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban

113
Berbagai pihak mendesak Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk insentif melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kelayakan hewan kurban yang di jajakan otlet-oltlet hewan kurban di Sukabumi.

SUKABUMI I Desakan tersebut muncul dari adanya kekawatiran masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Pasalnya, menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijrah/2020, dipastikan maraknya penjualan hewan kurban di lapak-lapak yang tidak mengantongi izin pengawasan dari Disnak Kabupaten Sukabumi.

“Kekawatiran masyarakat terhadap kalayakan dan juah dari penyakit hewan kurban, jadi ada pegangan keyakinan ketika akan datang ke lapak-lapak atau outlet hewan kurban,” kata H. Asep Sunandar (46) warga Desa/Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/07/20).

Warga Desak Disnak Intensif Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban 1

Loading...

Sementara itu, Ahmad Hilal (60) warga Desa/Kecamatan Kebonpedes, meminta Disnak untuk menggalakan operasi kesehatan hewan kurban menjelang tibanya Idul Adha 1441 H/2020.

“Seharusnya disnak segera mengerahkan petugas-petugas kesehatan hewan untuk turun ke lapak-lapak dan outlet hewan kurban yang tersebar di berbagai titik di wilayah Kabupaten Sukabumi. Untuk, meyakinkan konsumen hewan kurban, bahwa hewan kurban jauh dari penyakit hewan,” kata Ahmad.

Warga Desak Disnak Intensif Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban 2

Tujuan operasi tersebut, Ahmad menjelaskan, untuk mencegah lolosnya hewan yang terkena bebegai penyakit hewan. Penyakit hewan yang perlu diwaspadai diantranya, penyakit kuku, mulut, dan pencernaan. Itu semua untuk menghindari adanya hewan kurban berpenyakit agar tidak terjual ke masyarakat yang akan berkurban

“Disnak Kabupaten Sukabumi harus segera melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan kurban yang diperjualbelikan di lapak-lapak dan outlet. Disnak sebagai intansi yang berkompeten dalam hal ini, harus menjamin bahwa hewan yang dijadikan hewan kurban terbebas dari penyakit,” tegas Ahmad Hilal.(Red*)

Warga Desak Disnak Intensif Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban 3

Warga Desak Disnak Intensif Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban 4

loading...